Pembelajaran Pendekatan Konvensional
- Siswa adalah penerima informasi secara pasif dan belajar secara individu.
- Pembelajaran diawali dari definisi, konsep, atau algoritma yang abstrak.
- Konsep atau algoritma ada di luar diri siswa yang harus diterima dan dihafalkan oleh siswa.
- Pemerolehan konsep atau algoritma oleh masing-masing siswa harus seragam dengan yang diterangkan guru.
- Ketrampilan yang dikembangkan atas dasar driill
- Hasil belajar diukur dengan satu cara yaitu tes tulis pada akhir kegiatan.
- Siswa terlibat aktif dalam pembelajaran dan belajar melalui kerja kelompok dan diskusi dengan siswa lain.
- Pembelajaran diawali dari masalah sederhana dari kehidupan nyata atau masalah yang disimulasikan.
- Konsep atau algoritma dikembangkan atas dasar skemata yang telah dipunyai siswa.
- Pemerolehan konsep atau algoritma oleh masing-masing siswa sering berbeda, bergantung skemata siswa.
- Ketrampilan yang dikembangkan atas dasar pemahaman.
- Penilaian autentik, hasil belajar diukur dengan berbagai cara, tidak hanya tes tulis pada akhir kegiatan.
0 comments:
Post a Comment