Pembelajaran Pendekatan Konvensional
  • Siswa adalah penerima informasi secara pasif dan belajar secara individu.
  • Pembelajaran diawali dari definisi, konsep, atau algoritma yang abstrak.
  • Konsep atau algoritma ada di luar diri siswa yang harus diterima dan dihafalkan oleh siswa.
  • Pemerolehan konsep atau algoritma oleh masing-masing siswa harus seragam dengan yang diterangkan guru.
  • Ketrampilan yang dikembangkan atas dasar driill
  • Hasil belajar diukur dengan satu cara yaitu tes tulis pada akhir kegiatan.
Pembelajaran Pendekatan RME
  • Siswa terlibat aktif dalam pembelajaran dan belajar melalui kerja kelompok dan diskusi dengan siswa lain.
  • Pembelajaran diawali dari masalah sederhana dari kehidupan nyata atau masalah yang disimulasikan.
  • Konsep atau algoritma dikembangkan atas dasar skemata yang telah dipunyai siswa.
  • Pemerolehan konsep atau algoritma oleh masing-masing siswa sering berbeda, bergantung skemata siswa.
  • Ketrampilan yang dikembangkan atas dasar pemahaman.
  • Penilaian autentik, hasil belajar diukur dengan berbagai cara, tidak hanya tes tulis pada akhir kegiatan.

0 comments:

Post a Comment