Kota Malang ­– Kantor Kementerian Agama Kota Malang mengadakan acara BIMTEK Kurikulum Baru bagi Guru dan Kepala Madrasah se-Kota Malang (18-22/11/2013). Acara yang dijadwalkan berlangsung 5 hari di Hotel Sahid Montana Kota Malang itu diikuti oleh 250 kepala madrasah dan guru. Acara pembukaan dimulai tepat pukul 15.45 WIB dengan Ibu Ana sebagai pembawa acara. Pembukaan diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran oleh Ustaz Sukirman. Suasana tampak hening, dan semua peserta terlihat khusuk mendengarkan dan menghayati lantunan ayat suci Alquran yang dibacakan oleh guru salah satu madrasah di Kota Malang tersebut.
Acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan Ketua Panitia, Bapak Muchtar. Beliau menyampaikan kebanggaan kepada guru madrasah yang mempunyai semangat luar biasa mengikuti kegiatan itu. “Kalau pertemuan-pertemuan sebelumnya biasanya dilaksanakan di masjid, madrasah, aula kemenag, pertemuan pada saat ini merupakan pertemuan yang spesial karena bisa dilaksanakan di hotel”, kata beliau.
Lebih lanjut Bapak yang masih menjabat KASI Penma Kemenag Kota Malang itu menghimbau kepada semua para peserta agar bisa mengikuti semua rangkaian kegiatan dari awal sampai akhir. Kegiatan yang dilaksanakan bukan hanya sebagai penggugur kewajiban, akan tetapi ada ilmu dan manfaat yang bisa diperoleh melalui kegiatan BIMTEK tersebut. Adapun Dasar kegiatan itu diantaranya adalah UU No. 20 tahun 2003 tentang sisdiknas. Sedangkan tujuannya adalah menyiapkan guru dan kepala madrasah dalam melaksanakan kurikulum baru 2013 di tahun 2014. “Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya oleh Menteri Agama bahwa madrasah yang berada di bawah naungan Kementerian Agama RI baru akan menerapkan Kurikulum 2013 di tahun pelajaran yang akan datang yakni tahun pelajaran 2013/2014. Jadi ini merupakan langkah awal pembekalan bagi para guru. Sementara narasumber akan mendatangkan para pakar pendidikan , doktor, profesor dan menggandeng Badan Diklat Keagamaan (BDK) propinsi jawa timur”, tambahnya.
Setelah itu dilanjutkan dengan sambutan oleh PGS Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Malang, Bapak Machsun Zain. Dalam sambutannya beliau juga menyampaikan kebanggaannya kepada para guru dan kepala madrasah, yang senantiasa mempunyai semangat tinggi untuk memajukan pendidikan. Hal itu bisa dilihat dengan bersedianya hadir pada hari itu. “Semoga Bapak/Ibu yang hadir pada malam hari ini dijadikan oleh Allah menjadi manusia terpilih untuk mengaplikasikan ilmu di madrasah masing-masing”, katanya.
Beliau juga menjelaskan bahwa terbitnya kurikulum 2013 dikembangkan secara integratif dan dinamis. Sehingga diharapkan mampu mendorong manusia yang berbudaya, berkarakter dan beriman. Kemenag akan senantiasa memberi motivasi kepada guru untuk melaksanakan tugas kepengajaran dengan baik. “Saya mengucapkan terima kasih atas atensi Bapak/Ibu Guru terhadap kegiatan ini. Harapannya bimtek kurikulum 2013 ini bisa diaplikasikan di madrasah masing-masing”, tambahnya.
Seusai memberi sambutan beliau diminta menyematkan tanda peserta secara simbolis sebagai tanda bahwa acara Bimtek Kurikulum Baru resmi dibuka dan dimulai. Acara pembukaan ditutup dengan doa oleh ketua POKJAWAS Kemenag Kota Malang, Bapak Taufik Kusuma. 
Respon peserta sangat baik. Semua peserta terlihat bersemangat mengikuti kegiatan tersebut. “Kami sangat menantikan kegiatan ini, sebagai bekal bagi kami untuk mengimplementasikan kurikulum 2013 di madrasah”. Kata salah satu peserta. (ar)

2 comments: